Selasa, 03 Mei 2016

Tugas Makalah


MANAJEMEN STRATEGI DI PERUSAHAAN SEPEDA MOTOR PADA
 PT. SAMEKARINDO INDAH


REKA CHAIRANI
1420000066


Program Studi Sistem Informasi
Fakultas Teknik & Ilmu Komputer
Universitas Potensi Utama
Medan
2016
Daftar Isi
BAB  I        PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang............................................................................3
1.2  Masalah.......................................................................................5
1.3  Perumusan Masalah....................................................................5
1.4  Maksud & Tujuan Penulis...........................................................5
1.5  Manfaat Penulis..........................................................................6
1.6  Metode Penulisan........................................................................6
BAB  II           PEMBAHASAN
2.1  Pengertian Manajemen Strategi.................................................7
2.2  Sejarah Singkat Perusahaan.......................................................7
2.3  Analisis SWOT (4 Tahapan)......................................................8
2.4  Manajemen Strategi Perusahaan...............................................10
BAB  III         PENUTUPAN
3.1  Kesimpulan...............................................................................13
3.2  Saran.........................................................................................13
3.3  Daftar Pustaka..........................................................................14






BAB I
PENDAHULUAN
1.1   Latar Belakang
  Fungsi Manajemen Strategi adalah memberikan informasi yang berguna bagi manajer dalam mengambil keputusan strategis dan meningkatkan efisiensi dan efektivitas perusahaan (Blocher, Chen dan Lin, 1999).  Perangkat informasi yang lebih luas ini setidaknya harus memenuhi dua syarat ( Hansen and Mowen, 2000). Pertama, perangkat informasi ini harus mencakup informasi mengenai lingkungan perusahaan dan lingkungan kerja perusahaan. Kedua, perangkat informasi tersebut juga harus prospektif dan karenanya harus memberikan pandangan mengenai periode dan kegiatan di masa-masa mendatang.
   PT. Samekarindo Indah adalah perusahaan yang bergerak dalam penjualan kendaraan Suzuki dan merupakan Main Dealer Suzuki (distributor utama) yang ditunjuk oleh PT. Indomobil selaku ATPM (Agen Tunggal Pemegang Merek) Suzuki untuk wilayah penjualan Kalimantan Timur khususnya di wilayah Samarinda. Selain melayani penjualan kendaraan Suzuki, PT. Samekarindo Indah memberikan pelayanan seperti servis serta menyediakan suku cadang bagi kendaraan Suzuki. Dalam hal sepeda motor, realisasi pengadaan dan pemasaran sepeda motor Suzuki mengalami fluktuasi pangsa pasar cukup dinamis.
  PT. Samekarindo Indah merupakan perusahaan yang berpengalaman dalam penjualan kendaraan sepeda motor maupun mobil sejak tahun 1977 dan sudah mempunyai produk-produk yang diandalkan serta memiliki visi dan misi dalam memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen yang lebih baik.
  PT. Samekarindo Indah memiliki kekuatan diantanya adalah merupakan main dealer produk Suzuki se- Kaltim, berpengalaman dalam bisnis jasa penjualan sepeda motor Suzuki, harga produk bersaing, memiliki produk unggulan, dan memiliki lokasi outlet yang strategis.
  Selain itu, PT. Samekarindo indah juga memiliki kelemahan antara lain, perbedaan harga spare part Suzuki dengan produk lain, promosi yang kurang gencar, varian di masing-masing jenis produk masih kurang, kurangnya jumlah sub dealer, dan harga jual kembali produk jatuh.
  Peluang-peluang yang dimiliki PT. Samekarindo Indah, dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh PT. Samekarindo Indah untuk meningkatkan penjualan yakni dengan melihat kebutuhan akan kendaraan roda dua  yang semakin tinggi, pola perilaku dan selera konsumen yang semakin berkembang, teknologi dan selera konsumen Samarinda yang semakin berkembang, adanya sarana perkreditan yang ditawarkan leasing yang berkualitas dan terpercaya dan trayek angkutan umum di Samarinda yang terbatas.
  Ancaman yang datang dari luar sangat diperhatikan oleh PT. Samekarindo Indah karena akan berpengaruh dengan tingkat penjualan dan akan kehilangan pelanggan baik konsumen baru maupun konsumen loyal. Adapun ancaman yang dihadapi oleh PT. Samekarindo Indah adalah kenaikan harga BBM, kebijakan peraturan Bank Indonesia terhadap kenaikan DP 25%, ketatnya persaingan, trend masyarakatn yang cepat berubah, dan paradigm masyarakat mengenai perbandingan keunggulan antara produk Suzuki dengan produk merek lain. 
  Namun dengan melihat permasalahan di atas, maka pihak manajemen PT. Samekarindo Indah dituntut untuk lebih bekerja keras dalam mencermati dan mengantisipasi reaksi lingkungan eksternal dan internal perusahaan yang mendukung kekuatan dan kelemahan perusahaan serta peluang dan ancaman dengan mengkoordinasi secara bersama-sama untuk menciptakan strategi manajemen informasi yang tepat sehingga dapat bersaing dalam memasarkan produknya dengan kompetitor di bidang sejenis. Pendekatan dalam merumuskan strategi pemasaran yang tepat dengan menganalisis kekuatan dan kelemahan internal dalam mengantisipasi peluang dan ancaman eksternal adalah dengan melalui analisis SWOT (Strengths, Weaknesess, Opportunities, dan Threats).  Berkaitan dengan hal tersebut maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian tentang Analisis SWOT dalam menentukan strategi manajemen informasi sepeda motor pada PT. Samekarindo Indah di Samarinda. 



1.2   Masalah
  Untuk memberikan gambaran yang lebih jelas mengenai masalah yang diteliti maka penulis sampaikan bahwa masalah yang ada pada PT. Samekarindo Indah divisi sepeda motor.
1.      Bagaimana mengidentifikasi visi dan misi perusahaan?
2.      Bagaimana mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan internal perusahaan?
3.      Bagaimana mengidentifikasi peluang dan tantangan eksternal perusahaan?
4.      Bagaimana mengidentifikasi strategi yang diterapkan oleh perusahaan?
5.      Bagaimana mengidentifikasi persaingan di industri sepeda motor?
6.      Bagaimana merumuskan strategi yang tepat untuk perusahaan?
7.      Bagaimana mengevaluasi strategi yang sudah diterapkan perusahaan?

1.3 Perumusan Masalah
   Merumuskan beberapa kemungkinan alternatif strategi perusahaan berdasarkan pertimbangan kombinasi empat peluang faktor strategi tersebut, yang terdiri dari :
 1) Strategi SO Strategi ini dibuat berdasarkan suatu jalan pikiran, yaitu bagaimana perusahaan menggunakan seluruh kekuatan untuk memanfaatkan peluang.
 2) Strategi ST Strategi ini untuk menggunakan kekuatan yang dimiliki perusahaan dengan cara menghindari ancaman.
 3) Strategi WO Strategi ini diterapkan dengan memanfaatkan peluang yang ada dan mengatasi kelemahan-kelemahan yang dimiliki.
 4) Strategi WT Strategi ini didasarkan pada kegiatan yang bersifat defensif dan ditujukan meminimalkan kelemahan yang ada serta menghindari ancaman. 

1.4Maksud & Tujuan Penulisan
  Didalam penelitian ini terdapat dua jenis tujuan, yaitu tujuan khusus dan tujuan umum. Tujuan umum penulisan ini adalah untuk menghasilkan manajemen strategi informasi dan dapat membuat mahasiswa:
A.  Mahasiswa dapat mengetahui manajemen strategi dari PT. Samekarindo.
B. Mahasiswa mendapatkan informasi lebih jelas mengenai manajemen strategi yang digunakan oleh  PT. Samekarindo.
C.  Mahasiswa dapat memahami mengenai manajemen strategi  PT. Samekarindo.
. Sedangkan tujuan khusus dari penulisan ini adalah untuk menghasilkan :
Analisis dengan mengunakan SWOT
A . Dalam sel Strengths (S), menentukan beberapa ancaman yang dihadapi perusahaan.
B. Dalam sel Weaknesses (W), menentukan beberapa kelemahan yang masih membelit perusahaan.
C. Dalam sel Opportunities (O), dirumuskan beberapa peluang yang dihadapi oleh perusahaan. Hal ini harus mempertimbangkan deregulasi industri sebagai salah satu faktor  strategis.
D.  Dalam sel Threats (T), menentukan beberapa ancaman yang dihadapi perusahaan.

1.5 Manfaat Penulisan
  Sesuai dengan permasalahan dan tujuan penulisan yang sudah disebutkan, maka manfaat dari penulis yang diharapkan adalah :
a.       Memberikan gambaran secara umum tentang manajemen strategi sistem informasi.
b.      Dapat dijadikan referensi untuk bidang penulis manajemen strategi sistem informasi
c.       Memberikan sebuah menejemen strategi bagi perusahaan.
d.      Dapat  mengidentifikasi visi dan misi perusahaan
e.        Dapat mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan internal perusahaan
f.        Dapat mengidentifikasi peluang dan tantangan eksternal perusahaan
g.       Dapat mengidentifikasi strategi yang diterapkan oleh perusahaan
h.       Dapat mengidentifikasi persaingan honda di industri sepeda motor
i.         Meberikan rumusan strategi yang tepat untuk perusahaan
j.         Memberikan evaluasi strategi yang sudah diterapkan perusahaan

1.6 Metode Penulisan
  Dalam metode ini penulis mengumpulkan data dengan teknik sebagai berikut :
A. Penelitian lapangan (field work research) Yaitu pengumpulan data langsung yang menjadi objek penelitian untuk melihat dari dekat perusahaan tersebut, dengan menggunakan metode : 1) Pengamatan (observasi)
 2) Wawancara (interview)
 3) Kuesioner
B. Penelitian Kepustakaan (library research) Yaitu mengumpulkan data sekunder atau data yang diperoleh dari data yang telah dibukukan, baik berupa laporan-laporan maupun hasil penelitian terdahulu. 







BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Pengertian Manajemen Strategi
  Definisi manajemen strategi menurut David (2006 : 6) adalah sebagai seni dan ilmu untuk memformulasikan, mengimplementasi, dan mengevaluasi keputusan lintas fungsi yang memungkinkan organisasi dapat mencapai tujuannya. Seperti tersirat dalam definisi, manajemen strategis berfokus pada mengintegrasikan manajemen, pemasaran, keuangan/akuntansi, produk/operasi, penelitian dan pengembangan, dan sistem informasi computer untuk mencapai tujuan organisasi.
Selanjutnya Pearce dan Robinson (2008 : 5) mendefinisikan Manajemen strategis sebagai satu set keputusan dan tindakan yang menghasilkan formulasi dan impelementasi rencana yang dirancang untuk meraih tujuan suatu perusahaan/organisasi. Perencanaan merupakan tindakan awal dalam aktifitas manajerial setiap organisasi. Perencanaan strategis adalah instrumen kepemimpinan dan suatu proses. Sebagai suatu proses, ia menentukan apa yang dikehendaki suatu organisasi dimasa depan dan bagaimana usaha mencapainya. Seperti yang ditegaskan oleh Steiss yang disadur oleh Salusu (2006 : 500) bahwa perencanaan strategis sebagai komponen dari manajemen strategis bertugas untuk memperjelas tujuan dan sasaran, memilih berbagai kebijaksanaan, terutama dalam memperoleh dan mengalokasikan sumber daya serta menciptakan suatu pedoman dalam menerjemahkan kebijaksanaan organiasi. 
Manfaat Manajemen Strategis  Perencanaan sebagai salah satu fungsi dari manajemen yang pertama memiliki peranan yang sangat penting. Dengan perencanaan yang bagus, sebuah organisasi akan memiliki arah dan langkah yang jelas.  Dengan menggunakan manajemen strategis sebagai suatu kerangka kerja untuk menyelsesaikan setiap masalah strategis di dalam organisasi, maka para pemimpin organisasi diajak untuk berpikir lebih kreatif atau berpikir secara strategik.

2.2 Sejarah Singkat Perusahaan
  PT. Samekarindo Indah adalah perusahaan yang bergerak dalam penjualan kendaraan Suzuki dan merupakan Main Dealer Suzuki (distributor utama) yang ditunjuk oleh PT. Indomobil selaku ATPM (Agen Tunggal Pemegang Merek) Suzuki untuk wilayah penjualan Kalimantan Timur khususnya di wilayah Samarinda. Selain melayani penjualan kendaraan Suzuki, PT. Samekarindo Indah memberikan pelayanan seperti servis serta menyediakan suku cadang bagi kendaraan Suzuki. Dalam hal sepeda motor, realisasi pengadaan dan pemasaran sepeda motor Suzuki mengalami fluktuasi pangsa pasar cukup dinamis.
  PT. Samekarindo Indah merupakan perusahaan yang berpengalaman dalam penjualan kendaraan sepeda motor maupun mobil sejak tahun 1977. PT. Samekarindo Indah memiliki kekuatan diantanya adalah merupakan main dealer produk Suzuki se- Kaltim, berpengalaman dalam bisnis jasa penjualan sepeda motor Suzuki, harga produk bersaing, memiliki produk unggulan, dan memiliki lokasi outlet yang strategis.
  Pertumbuhan konsumen sepeda motor meningkat luar biasa. Di tengah-tengah persaingan yang begitu tajam akibat banyaknya merek pendatang baru, sepeda motor Suzuki yang sudah lama berada di Indonesia, dengan segala keunggulannya, tetap mendominasi pasar dan sekaligus memenuhi kebutuhan angkutan yang tangguh, irit dan ekonomis. Menjawab tantangan tersebut, organisasi yang berada di balik kesuksesan sepeda motor Suzuki di Indonesia terus memperkuat diri.

   Saat ini PT. Samekarindo Indah  memiliki 4 fasilitas pabrik perakitan, pabrik pertama berlokasi Sunter, Jakarta Utara yang juga berfungsi sebagai kantor pusat. Pabrik ke dua berlokasi di Pegangsaan Dua, Kelapa Gading. Pabrik ke 3 berlokasi di kawasan MM 2100 Cikarang Barat, Bekasi. Pabrik ke 4 berlokasi di Karawang. Pabrik ke 4 ini merupakan fasilitas pabrik perakitan terbaru yang mulai beroperasi sejak tahun 2014.
Dengan keseluruhan fasilitas ini PT. Samekarindo Indah saat ini memiliki kapasitas produksi 5.8 juta unit sepeda motor per-tahunnya, untuk permintaan pasar sepeda motor di Indonesia yang terus meningkat. Salah satu puncak prestasi yang berhasil diraih PT. Samekarindo Indah adalah pencapaian penjualan ke 40 juta pada tahun 2013. Prestasi ini merupakan prestasi pertama yang yang berhasil diraih oleh industri sepeda motor di Indonesia.
Karyawan PT Samekarindo saja saat ini berjumlah sekitar 20.000 orang, ditambah ratusan vendor dan supplier serta ribuan jaringan lainnya, yang kesemuanya ini memberikan dampak ekonomi berantai yang luar biasa. Keseluruhan rantai ekonomi tersebut diperkirakan dapat memberikan kesempatan kerja kepada sekitar setengah juta orang. PT Samekarindo akan terus berkarya menghasilkan sarana transportasi roda dua yang menyenangkan, aman dan ekonomis sesuai dengan harapan dan kebutuhan masyarakat Indonesia.

2.3 Analisis SWOT
   Setelah melakukan analisis lingkungan eksternal dan internal maka dapat dirumuskan kedalam analisis SWOT yang menggambarkan setiap kekuatan, kelemahan, kesempatan, serta tantangan dari PT. Samekarindo Indah. Berdasarkan kekuatan dan kelemahan internal serta peluang dan ancaman, empat set alternatif strategis yang dapat diambil oleh manager perusahaan dalam menghadapi persaingan yang semakin kompetitif.
A. Strategi Strengths – Opportunities
 1) Pertahankan dan tingkatkan kualitas produk maupun pelayanan purna jual Suzuki dikenal dengan keunggulan brand image yang kuat dan memiliki kualitas mesin yang baik oleh sebab itu dengan mempertahankan dan meningkatkan kualitas produk maka para konsumen tidak akan ragu untuk memilih dan membeli produk tersebut.
 2) Pengembangan pasar menengah–kebawah Perusahaan dapat mengembangkan segmentasi pasar hingga menengahkebawah  dengan meningkatkan pelayanan kepada pelanggan perusahaan yaitu mengadakan kerja sama dengan pihak leasing.
 3) Mengadakan kegiatan eksibisi Dengan melakukan kegiatan eksibisi, perusahaan dapat membuktikan kepada masyarakat akan keunggulan dan kemuktahiran teknologi terhadap produk Suzuki Kegiatan eksibisi ini sebaiknya dilakukan secara berkala misalnya 3 bulan atau 6 bulan sekali.
B. Strategi Weaknesses – Opportunities
 1) Promosi yang terarah Hal yang penting dalam promosi adalah bahwa promosi tersebut harus dilakukan secara terarah yaitu tepat sasaran dan tepat waktu, sehingga biaya yang digunakan untuk promosi efektif dan efisien seperti mengadakan even parade band dan even-even olahraga yang biasanya digemari oleh kaum muda, dapat pula dengan kegiatan goes to school dan goes to campus.
 2) Promosi yang lebih gencar dengan mengadakan, mengikuti atau sebagai sponsor diberbagai even, prmosi melalui media cetak dan situs jejaring sosial  PT. Samekarindo Indah dapat melakukan kegiatan promosi untuk meningkatkan penjualan dengan cara mengadakan, mengikuti atau sebagai sponsor diberbagai even sehingga membuat calon konsumen sering melihat mendengar dan ingat akan produk yang dipromosikan.
 3) Menambah sub dealer Meningkatnya jumlah peminat sepeda motor di Kota Samarinda serta kondisi trayek sarana transportasi umum yang terbatas, PT. Samekarindo Indah harus dapat memanfaatkan peluang tersebut dengan menambah jumlah sub dealer  sehingga dapat memenuhi kebutuhan masyarakat akan kendaraan roda dua. 
C. Strategi Strengths – Threats
 1) Mengembangkan daya saing PT. Samekarindo Indah menciptakan kesan pelayanan terbaik dengan menyediakan produk yang lebih bervariasi yang tentunya mengikuti selera pasar.
 2) Meningkatkan hubungan baik dengan pelanggan  PT. Samekarindo Indah ditengah persaingan yang ketat harus mampu memberikan pelayanan yang terbaik bagi pelanggannya agar pelanggannya tetap loyal salah satunya dengan meningkatkan program CSR (coorporate social responsibility) Selain itu dengan memberikan layanan via telepon/sms kepada pelanggan seputar informasi produk yang ditawarkan, informasi prosedur pembelian melalui leasing atau cash.
D.  Strategi Weaknesses – Threats
 1) Memperluas area promosi dengan menambah outlet-outlet  untuk memperluas jaringan penjualan Perusahaan harus terus berkembang dengan cara dengan menambah outletoutlet yang tersebar di berbagai wilayah di Samarinda sehingga semakin mudah bagi perusahaan untuk menjangkau dalam pemenuhan kebutuhan konsumen dan meningkatkan penjualan.
 2) Menambah variasi penjualan aksesoris motor yang sedang trend di masyarakat Agar penjualan produk tetap stabil dan tetap dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen, maka perusahaan perlu menambah variasi penjualan aksesoris motor yang sedang trend di masyarakat sehingga perusahaan dapat mengatasi ancaman yang dimana trend masyarakat  selalu dan cepat berubah.
 3) Memberikan diskon harga spare part untuk konsumen yang loyal Ancaman yang harus diatasi serta diminimalisasikan oleh pihak PT. Samekarindo Indah agar paradigma masyarakat dapat berubah sehingga masyarakat percaya akan kualitas produk Suzuki tidak kalah dengan produk lain yakni dengan cara meyakinkan ke konsumen bahwa harga menunjukkan kualitas suatu produk, serta memberikan diskon harga spare part kepada konsumen yang loyal agar hubungan perusahaan dengan pelanggan selalu terjalin dengan baik. 
Matriks SWOT PT. Samekarindo Indah


2.4 Manajemen Strategi Perusahaan
Visi & Misi
Visi 
-          Menjadi pemimpin pasar sepeda motor di Indonesia dengan cara merealisasikan mimpi dan menciptakan kegembiraan para pelanggan serta berkontribusi bagi masyarakat Indonesia.
-          Menjadi Dealer Suzuki terbaik dan paling handal di Indonesia melalui proses kerja berkelas dunia.


 Misi 
-          Menciptakan solusi mobilitas bagi masyarakat Indonesia dengan produk dan layanan terbaik.
-          Memberikan pengalaman terbaik dalam membeli dan memiliki kendaraan Toyota kepada pelanggan.
-          Mencapai dan mempertahankan posisi Market Share no. 1 di seluruh segmen dan wilayah.
-          Menciptakan lingkungan kerja terbaik.
-           Menciptakan pertumbuhan bisnis yang berkesinambungan.


Pengembangan Visi & Misi
1.      Pearce & Robinson
   Perusahaan ini bergerak dalam bidang kendaraan roda dua,  dengan tujuan memimpin pasar sepeda motor di Indonesia dan menyediakan sepeda motor dengan kualitas terbaik, dan selalu berusaha memberikan layanan terbaik kepada pelanggan. Produk ini menetapkan harga yang lebih rendah dari produsen lain, tetapi dengan yang kualitas yang baik. Perusahaan selalu melibatkan konsumen dan pelanggan dalam setiap pengembangan produknya, serta menjamin kesejahteraan karyawan. Produk ini memiliki keunggulan teknologi dibanding kompetitor, yang membuatnya irit dan ramah lingkungan.

2.      David
a)      Customers :
  Kami menciptakan produk sepeda motor yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan masyarakat Indonesia.
b)      Products or Services :
  Perusahaan menyediakan berbagai jenis kendaraan roda dua, sparepart dan bengkel resmi yang tersedia di seluruh wilayah di Indonesia.
c)    Markets :
  Perusahaan ingin menguasai seluruh segmen pasar sepeda motor yang ada di Indonesia.
d)   Teknologi :
  Suzuki menggunakan teknologi fuel injection (PGM-FI) dan enhanced smart power (eSP) yang membuat motor irit dan bertenaga.
e)    Concern of survival, growth, and profitability :
  Perusahaan selalu menjaga kualitas produknya, dengan melakukan pengembangan produk dan teknologi, untuk menjaga kelangsungan hidup perusahaan dan laba perusahaan.
f)     Philisophy :
  Kami selalu memprioritaskan kepuasan konsumen, dengan menawarkan solusi mobiltas bagi masyarakat, dengan menyediakan produk dan layanan dengan kualitas terbaik.
g)  Self-concept :
  Perusahaan memberikan harga yang lebih rendah dari pesaing. Dan menyediakan pelayanan yang excelent,  melalui outlet penjualan sparepat dan bengkel resmi yang dapat dengan mudah di ditemukan di Indonesia, bahkan di wilayah terpencil sekalipun.
h)    Concern for public image :
  Image Suzuki sudah melekat di hati masyarakat Indonesia, sebagai sepeda motor irit dan ramah lingkungan.

Review dan Evaluasi Strategi
    Kinerja suatu perusahaan dapat diukur dengan Balance Scorecard. Konsep Balance Scorecard dikembangkan oleh Robert S. Kaplan dan David P. Norton yang berawal dari studi tentang pengukuran kinerja di sektor bisnis pada tahun 1990. Balance Scorecard dalam konsep ini memperkenalkan suatu sistem pengukuran kinerja perusahaan dengan menggunakan kriteria-kriteria tertentu. Kriteria tersebut sebenarnya merupakan penjabaran dari apa yang menjadi misi dan strategi perusahaan dalam jangka panjang, yang digolongkan menjadi empat perspektif yang berbeda. Yaitu perspektif finansial, pelanggan, proses bisnis internal, serta pertumbuhan dan pembelajaran. Berikut ini hasil evaluasi strategi pada PT. Samekarindo.
1.      Perspektif finansial
   Perusahaan mengalami pertumbuhan pendapatan serta peningkatan produktivitas dilihat dari jumlah penjualan sepeda motor setiap tahunnya. Perusahaan juga sukses mengoptimalkan penggunaan aset-aset perusahaan serta mengurangi biaya produksinya.
2.      Perspektif customer
   Perusahaan memiliki pangsa pasar yang luas, dengan jumlah pengguna sepeda motor honda terbanyak di Indonesia. Perusahaan juga selalu memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan dan berhasil meraih penghargaan Excellent Service Experience Award (ESEA) 2015 dari Carre Center for Customer Satisfaction and Loyalty (Carre CCSL) setelah berhasil meraih nilai tertinggi di industri roda dua dalam riset Excellent Service Experience Index (ESEIndex).
3.      Perspektif proses bisnis internal
   Semua proses internal bisnis yang dilakukan perusahaan bertujuan untuk mendapatkan kepuasan pelanggan serta membangun nilai perusahaan dan brand “Suzuki”. Perusahaan sukses melakukannya dan meraih penghargaan “The Company with The Best in Building and Managing Corporate Image” (category: Automotive 2 wheels), IMAC 2014, dari Majalah Bloomberg Businessweek dan Frontier Consulting Group.

Rekomendasi Stategi Perusahaan
A.     Rekomendasi Strategi
Cost Leadership
   Cost leadership adalah upaya yang dilakukan mendapatkan keunggulan kompetitif dengan meningkatkan penjualan melalui persaingan harga terendah. Strategi biaya terendah adalah upaya meminimalkan biaya untuk mendapatkan produk atau jasa dengan harga ekonomis.       
Dengan mengoptimalkan sumber daya modal yang dimiliki oleh perusahaan, perusahaan memiliki kemampuan untuk menciptakan keunggulan kompetitif melalui harga yang lebih murah dibandingkan pesaing, tentunya dengan kualitas yang sama.

B.      Penerapan dan hasil yang diharapkan
   Mengapa harus melakukan strategi cost leadership?
Perusahaan memiliki sumber daya dan modal yang besar, dengan dukungan dari Suzuki Japan Corp. Produk Suzuki pun memiliki karakteristik yang berbeda dengan keunggulan teknologi dibanding para pesaingnya. Oleh itu perusahaan perlu fokus menerapkan strategi cost leadership.
    Bagaimana cara menerapkan strategi kompetitif cost leadership?
Perusahaan memiliki sumber daya modal yang besar, dengan sumber daya yang besar perusahaan dapat mengoptimalkan tiap proses penjualan, serta meminimalkan biaya penjualan untuk memperoleh biaya terendah.
Masyarakat Indonesia umumnya adalah sensitif harga, oleh karena itu strategi cost leadership akan lebih efektif untuk diterapkan.

   Apa hasil yang diharapkan dari strategi cost leadership?
Hasil yang diharapkan perusahaan ialah untuk meningkatkan margin penjualan, untuk menguasai pasar sepeda motor di Indonesia dan mempertahankan tahta suzuki sebagai market leader.

BAB III
PENUTUPAN
3.1 Kesimpulan
   Industri sepeda motor di Indonesia saat ini mengalami pertumbuhan yang signifikan, dari jumlah pengguna sepeda motor di Indonesia yang semakin membludak, maupun perusahaan manufaktur sepeda motor di Indonesia yang terus tumbuh dan berkembang pesat, bahkan bermunculan merk-merk sepeda motor dari berbagai negara di eropa. Yang mengganggu eksistensi perusahaan atau merk sepeda motor Jepang yang sudah bertahun-tahun di Indonesia. Hal ini membuat persaingan industri sepeda motor di Indonesia. PT. Samekarindo yang merupakan salah satu perusahaan raksasa sepeda motor di Indonesia harus mengembangkan perusahaannya, agar tetap dapat bersaing di tengah gempuran para pesaingnya
Untuk mengembangkan bisnisnya, Perusahaan memerlukan strategi yang tepat untuk mempertahankan keunggulan kompetitifnya. Dilihat dari analisis lingkungan internal dan eksternal perusahaan, strategi yang kami rekomendasikan pada PT Samekarindo adalah strategi cost leadership, PT Samekarindo diuntungkan dengan kepemilikian modal yang besar dibanding kan para pesaing-pesaingnya, apalagi sebagian masyarakat besar di Indonesia adalah kosumen yang sensitif harga. Brand Suzuki juga sudah dipercaya oleh masyarakat dan memiliki customer value yang tinggi

3.2 Saran
  Saran penulis kepada PT. Samekarindo Indah agar dapat mengatasi ancaman dan kelemahan memanfaatkan peluang dan mempertahankan yang ada adalah sebagai berikut:
A. Strategi Strength – Opportunities.
 1) Pertahankan dan tingkatkan kualitas produk maupun pelayanan purna jual.
 2) Pengembangan pasar menengah kebawah.
 3) Mengadakan kegiatan eksibisi.
 B. Strategi Weaknesses – Opportunities.
 1) Promosi yang terarah.
 2) Promosi yang lebih gencar dengan mengadakan, mengikuti atau sebagai sponsor di berbagai event, promosi melalui media cetak dan media jejaring sosial.
 3) Menambah sub dealer.
 C. Strategi Strenght – Threats.
 1) Mengembangkan daya saing.
 2) Meningkatkan hubungan baik dengan pelanggan.
 D. Strategi Weaknesses – Threats.
1) Memperluas area promosi dengan membuka outlet – outlet untuk memperluas jaringan penjualan.
2) Menambah variasi penjualan dealer seperti menjual aksesoris motor yang sedang trend di masyarakat.
3) Memberikan diskon harga spare part bagi konsumen yang loyal.  

Daftar Pustaka
Amir, M. Taufik, 2011. Manajemen Strategik Konsep dan Aplikasi, Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
Assauri, Sofjan, 2002. Manajemen Pemasaran Konsep dan Strategi, Liberty, Yogyakarta.
 David, Fred. R, 2006. Strategic Management: Consepts and Cases, 10th Ed.
 Gitosudarmo, Indri, 2001. Manajemen Pemasaran, ANDI, Yogyakarta.
Jatmiko, RD, 2004. Manajemen Stratejik, Malang : Penerbit Universitas Muhamadiyah Malang.
Kotler, P, 2000. Marketing Management : An Asian Perspective. Prentice Hall, Edisi Milenium.
 Pearce II, John A. and Robinson, 2008. Manajemen Strategis Formulasi Implementasi dan Pengendalian, Jakarta.
 Purwanto, Iwan, 2008. Manajemen Strategi, Bandung : Yrama Widya.
 Rangkuty, Freddy, 2006. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
 Salusu, J, 2006. Pengambilan Keputusan Strategik Untuk Organisasi Publik dan Organisasi Non Profit, Jakarta : Penerbit Grasindo.
 Schnaars, S.P, 2001. Marketing Strategy : A Costumer-Driven Approach, New  York : The Free Press.
Swastha, Basu dan D. H. Irawan, 2001. Manajemen Pemasaran Modern, Edisi Kedua, BPLM-YKPN, Yogyakarta.
 Umar, Husein, 2005. Strategic Management in Action, Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.
Munadi, Fandi Ahmadi, 2009. Analisis Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Kendaraan Motor Pada CV Turangga Mas Motor, Jurnal Ilmiah Ekonomi Manajemen, April 2009 : 1-14.
 Prawitasari, Sri Yati, 2010. Analisis SWOT Sebagai Dasar Perumusan Strategi Pemasaran Berdaya Saing Pada Dealer Honda Tunggul Sakti, Jurnal Ilmiah Ekonomi Manajemen, Desember 2010 : 1 – 60.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar